Bersepeda Ria di Ise Shi, Mie

Bismillahirromanirrohim.

Assalamu’alaikum teman-teman sekalian.

Alahmdulillah kemarin Minggu 27 November 2017 saya mendapatkan kesempatan untuk ikut 3rd Iseshima Cycling 2016 di Mie Prefecture. Seperti pengalaman saya ikut Suzuka Enduro 8 hours, saya mendapatkan kesempatan ini karena diajak oleh teman saya yang ikut pada acara tersebut. Tidak seperti Suzuka Enduro, pada kesempatan ini peserta dianjurkan untuk menikmati perjalanan, ada banyak spot menarik yang bisa dilihat. Peserta bebas berhenti dan menikmati pemandangan, hanya saja harus sampai di Goal pada pukul 2 siang. Peserta berjumlah sekitar seribu orang, jadi startnya dibuat per-group; ada group A, B, C, D dan E. Jarak start per group sekitar 5 menitan.

course02.jpg
Rute yang dilewati

Rute yang disediakan oleh panitia sangatlah menyenangkan dan bisa jadi tempat melihat pemandangan, total rute adalah 40 km. Mulai dari jalan raya biasa, jalan di perkampungan, jalan di pinggir pantai dan hutan hijau yang sangat enak dipandang. Sayangnya cuaca tidaklah terlalu cerah, tapi alhamdulillah di sepanjang perjalan tidak seperti yang diperkirakan bahwa hari itu hujan, hanya mendung yang menemani kami.

S__5136464.jpg
Foto start

Meskipun santai, peserta harus tetap menjaga ketertiban, keamanan, dan taat perarturan lalu lintas. Acara fun bike ini sebagai ajang promosi Iseshima Shi, sekaligus promosi juga untuk Spain Village (スペイン村) sebagai lokasi start dan goal. Spain Village adalah lokasi wisata berisi wahana bermain dan berbagai macam pertunjukan ala Spanyol. Sebenarnya setiap peserta mendapatkan 1 day passport untuk masuk Spain Village, tapi sepertinya banyak yang tidak bisa memanfaakannya karena sudah capek dan hujan setelah jam 12 siang. Alhamdulillah sekali saya dan teman yang ikut acara ini bisa menikmati jalannya bersepeda karena tidak hujan, hanya gerimis pada saat start. Hujan turun tepat saat kami sudah mendekati goal.

IMG_6437.PNG
Foto antrian menunggu lampu merah didepan saya

IMG_6436.PNG
Foto antrian lampu merah di belakang saya

Ayah dari teman Jepang tersebut lututnya sakit, jadi batal ikut, akhirnya saya diminta ngajak orang indonesia untuk menggantikannya. Sepeda yang saya dan teman Indonesia pake adalah pinjaman dari teman Jepang. Sepeda mahal, jadi ringan dan enak dipake untuk bersepeda.

S__5136465.jpg
Perjalanan kami diawali melewati Spain Village

Tidak terbiasa dengan sepeda jenis road bike membuat saya takut atau tidak terlalu luwes berlari, yang paling tidak terbiasa adalah posisi brake, susah bagi saya untuk secara tiba-tiba mengerem. Ketika turunan pasti posisi tangan saya di bagian stang bawah, sehingga mudah mengerem. Brake belakang kurang pakem, kurang tahu apakah normalnya brake bagian belakang pada sepeda seperti ini dibuat kurang pakem, jadi saat turunan pasti tangan saya sudah menarik rem dengan kuat. Untuk brake depan hanya sedikit saja, karena pake sekali, takutnya terjungkal kedepan.

img_6442Foto sertifikat penyelesaian Iseshima Cylcing

Pada akhir acara, kami mendapatkan sertifikat “SUDAH MENYELESAIKAN ISE CYLCING”. Untuk mendapatkan sertifikat ini, peserta diwajibkan untuk meminta stempel di 3 pos istirahat; pos 1, pos 2, dan pos goal. Jarak antara per pos sekitar sepuluh sampai lima belas kilometer. Di masing-masing pos setelah meminta stempel, setiap peserta akan mendapatkan snack ringan dan sup hangat, special di pos goal setiap peserta akan mendapatkan makan siang dan air mineral.

img_6443
Foto stempel di tiap pos

S__5136461.jpg
Foto pos satu

IMG_6434.PNG
Foto pos satu

IMG_6433.PNG
Foto pos dua

S__5136455.jpg
Foto makan siang bersama

Bermula dari pertemanan dengan Yuki Sensei, saya dan istri berteman dengan keluarga Yuki Sensei (Ayah, Ibu dan adiknya sekeluarga). Kami main kesana beberapa kali, dan ketika keluarga ini ada acara seperti ikut dalam Suzuka Enduro dan Iseshima Cycling ini, kami diundang. Alhamdulillah bisa memiliki banyak teman dan memfasilitasi pengalaman yang tak akan terlupakan. Terimakasih sudah mengundang saya dan teman pada acara seperti ini. Saya harap hubungan ini bisa terus berlajut sampai kapanpun.

10338779_10202885534713761_7805456991148755398_n.jpg
Foto bersama keluarga Yuki Sensei

Sepulang dari Ise Cycling, kami berkumpul di rumah ini untuk makan malam bersama, menu yang disediakan adalah fried chicken dan takoyaki, jangan khawatir tentang makannya, mereka paham bahwa kami harus makan yang halal, jadi mereka special membelikan ayam halal di supermarket yang agak jauh dari rumah.

Wassalamu’alaikum

Tinggalkan Balasan

