Mari Bantu Tandatangani Petisi tentang Rohingya

TANDA TANGAN

Tragedi kemanusiaan di Myanmar tepatnya di Negara bagian Arakan yang menimpa Muslim Rohingya seharusnya menjadi salah satu fokus kebijakan luar negeri Indonesia, mengingat Myanmar merupakan negara yang berada pada wilayah yang sama dan tergabung dalam organisasi ASEAN (Association of South-East Asian Nation). Apalagi korban dari tragedi ini adalah saudara seiman, sepatutnyalah lebih mendapat perhatian. Sayangnya tindakan tegas dari pemerintah Indonesia terhadap Myanmar belum ada. Pernah Wakil Presiden Jusuf Kalla ke Myanmar untuk meloby pihak pemerintah setempat untuk mengijinkan bantuan masuk, tapi hal tersebut tidak membantu banyak karena waktu-waktu berikutnya tindak kekerasan terhadap suku paling tertindas di muka bumi (berdasarkan amnesty international) ini masih berlanjut.

The Rohingya are a Muslim minority population living mainly in the state of Arakan, in Myanmar (Burma). Although approximately 800,000 Rohingya live in Myanmar, and apparently their ancestors were in the country for centuries, the Burmese government does not recognize Rohingya people as citizens.”

BBC mengangkat berita dengan judul “Will anyone help the Rohingya people?”, memang Rohingnya ini sangat sengsara karena negaranya sendiri ”myanmar” yang ditinggali sejak nenek moyang mereka tidak mengakui, negara yang dikatakan merupakan negara aslinya ”bangladesh” juga tidak mau menerima.

Siapa yang mau menolong Rohingnya?

Sepertinya hubungan kenegaraan tidaklah cukup menggerakkan untuk menolong mereka. Hubungan seimanlah yang seharusnya bisa mendorong para pemimpin negara Islam untuk menolong mereka.

Akan sangat membantu bila  pemerintah Myanmar mendapatkan tindakan keras dari kawasan, yaitu diputusnya hubungan diplomasi dengan Indonesia. Karena Indonesia memiliki peran penting dan posisi kuat di kawasan ASEAN, dengan diputusnya hubungan diplomasi, maka anggota ASEAN lain bisa jadi akan mengikuti langkah ini. Dan Myanmar akan benar-benar mempertimbangkan kembali untuk mengakhiri konflik sektarian didalam negerinya.

Kepada Presiden Jokowi, kami harap Bapak bisa mempertimbangkan langkah keras ini untuk membantu saudara muslim di Rohingnya. Tanpa langkah keras ini, sepertinya Myanmar tidak akan bergeming. Tunjukkanlah bahwa persaudaraan sesama muslim itu sangatlah kuat, jadi tidak akan ada yang berani bertindak semena-mena terhadap kaum minoritas muslim di wilayahnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s