Menukar SIM A Indonesia ke SIM A Jepang (切り替え- Kirikae)

Apakah anda sedang tinggal di Jepang dan ingin memiliki SIM Jepang. Jika ada SIM dari Indonesia, akan lebih mudah dan murah prosesnya dibanding tanpa SIM dari Indonesia.

Jika ada SIM A dari Indonesia (Saya ambil kasus SIM A, karena saya pengalamannya SIM A, tapi kemungkinan untuk SIM C tidak jauh beda)

Langsung saja saya to the point, berikut langkah-langkahnya.

1. Terjemahkan SIM A anda ke bahasa jepang lewat JAF, kirimkan SIM A (fotocopy saja cukup) anda ke JAF dan nanti mereka akan mengirim balik ke anda. Biaya 3000 yen (diluar biaya pengiriman dan prangko kirim balik). Silahkan cek di http://www.jaf.or.jp/e/switch.htm dan download form pendaftarannya.

2. Juminhyo, silahkan ke Shiyakusyo terdekat untuk membuat Juminhyo. Biaya 300 yen.

3. Siapkan foto ukuran 3×4 satu lembar, jangan main-main dengan mengelabuhi petugas lewat foto lama yang anda pura-purakan foto 6 bulan terakhir. Daripada nanti disana anda harus foto lagi, akan memperlambat proses pendaftaran.

4. Paspor, visa, SIM A Indonesia, KTP Indonesia dan zairyu kado (kartu resident). Silahkan dicopy masing-masing satu lembar, jangan lupa depan-belakang dicopy juga.

5. Buat janjian untuk check dokumen, lewat telpon.

Gifu Prefectural Police Headquarters 1-22-8 Mitahora Higashi, Gifu City
Phone: (058) 237-3331 (extension 314)

Untuk wilayah selain Gifu bisa dicek disini (maaf bahasa Jepang).

6 Biasanya akan butuh waktu 2 minggu sampai waktu check dokumen, karena pendaftarnya banyak. Dan waktu check dokumen pada Jam 3 sampai jam 4 sore. Tidak bisa diluar jam itu.

7. Pada saat pengecekan dokumen, anda akan ditanya-tanya seputar sim A anda di Indonesia. Dulu ketika mengambil SIM A tsb apakah ada tes mata, tes telinga, test tulis berapa soal berapa soal benar dan berapa kali lulus, tes drive apakah di track khusus atau di jalan biasa berapa kali lulus pake mobil jenis apa.

8. Setelah pengecekan selesai, anda akan membuat jadwal tes. Anda juga akan ditanya mau ambil yang manual atau matic. Jika manual, anda bisa menaiki matic, tapi jika anda ambil matic tidak bisa naik yang manual. Karena daftar antriannya banyak, biasanya butuh 2 mingguan sampai waktu tes.

9. Anda akan diberi beberapa dokumen pada saat pengecekan tsb: daftar dokumen yang perlu anda siapkan (ya seperti yang saya sebutkan diatas, kalau dah lengkap ya ketika tes tinggal dibawa lagi, karena ketika pengecekan semua berkas akan dikembalikan), peta jalan test drive (silahkan dihafalkan sebaik mungkin), daftar jidosa rensyujo (karena kita tidak lewat jidosa gakkou dalam pembuatan sim, pihak polisi akan sangat menyarankan untuk latihan beberapa kali di jidosa rensyujo terdekat, track dan mobil.nya sama persis seperti di test drive nanti)

10. Sambil menunggu sampai waktu test, baiknya anda menghafal baik-baik peta tracknya, agar ketika test drive tidak kebingungan, sudah grogi tambah ndak hafal jalan bisa-bisa langsung ndak lulus kita nanti. Karena tracknya beberapa bagian menuntut kita untuk berhati-hati, segera belok dan mematuhi rambu-rambu yang ada. So, kalo ndak hafal jalan, matilah kita nanti.hehe.

11. Saatnya test, anda haru datang sebelum jam setengah sembilan. Karena pemeriksaan dokumen pendaftaran pada jam setengah sembilan. Dan sebelum berangkat, cek baik-baik semua berkas anda, jangan sampai lupa bawa berkas atau ada berkas yang kurang.

12. Anda akan masuk pada barisan foreigner yang akan mengganti SIMnya ke SIM jepang. Disitu tinggal tunjukkan semua berkas yang sudah disiapkan, jika lengkap maka akan lancar.

13Anda akan diminta antri tes mata.

14. Kemudian anda akan menunggu untuk dipanggil tes tulis. Tes tulis hanya 10 soal, jangan takut akan rumor yang mengatakan tes tulis sebanyak 100 soal. Itu hanya untuk mereka yang membuat SIM dari awal. Bukan seperti kita yang mengganti sim ke sim jepang. Dan bahasa bisa dipilih, bahasa jepang, inggris atau latin. Santai saja, satu soal satu halaman disertai gambar ilustrasi full satu halaman.

13. Kemudian harus menunggu hasilnya dikoreksi, jka lulus, anda akan diharuskan membayar 3050 yen untuk biaya test drive.

14. Hal-hal yang perlu diingat dalam test drive adalah:

a. Hafalkan jalannya,

b. Buat model menyetir anda selebay mungkin (ketika memberi signal harus tengok ke spion dan samping sampai muka kita kelihatan bener-bener nengok)

c. Jika instrukturnya lagi tidak mood dan menunjukkan jalan yang salah à ikuti saja, jangan membantah (tapi hal ini jarang terjadi, pengalaman temanku saja.hehe)

d. Jika di perempatan anda akan belok kanan tapi ada mobil didepan è anda harus berhenti, menunggu dia sampai jalan, kalau dipersilahkan jalan oleh mobil didepan tu jangan mau jalan, karena memang aturannya begitu, sampai seminggupun jangan mau jalan.hehe sory lebay, karena ada pengalaman teman yang seperti itu, Karena di-douzo-kan ya temenku jalan, tapi langsung dibentak polisi ‘’dame’’.

e. Ini sepele tapi penting, jangan pakai sandal kalau lagi test drive.

15. Setelah selesai, anda harus menunggu hasilnya diumumkan.

16. Jika lulus, anda akan diminta membayar 2050 yen, dan semacam asuransi 1000 yen. kemudian ikuti prosesnya sampai foto dan jadi.

img_847232_48490290_0

17. Jika tidak lulus, anda akan membuat jadwal test drive lagi. Dan ketika test drive nanti, anda harus membayar 3050 yen lagi. Hal ini akan berulang terus sampai anda lulus.

Semoga anda berhasil hanya sekali test. Aminnn

 

**

1. Saya mengambil kasus diatas di Gifu Shi, saya tidak tahu untuk daerah lain, tapi kemungkinan tidak jauh beda.

2. Untuk tambahan dokumen, lebih baik anda membuat surat pengantar dari Polres tempat sim anda itu dikeluarkan, dalam bahasa inggris. Karena biasanya juga ditanya, meskipun ada yang tidak ditanya. Tapi lebih baik menyiapkannya. Daripada harus menunggu lama lagi. Formatnya bisa didownload disini: download format surat pengantar.

3. Jika anda tidak punya SIM A Indonesia, anda perlu ikut jidosha gakkou, biayanya minimal 30.000 Yen (sekitar 30 jutaan rupiah). Setelah itu baru mendaftar ke polisi.

4. JANGAN MENGAMBIL GAMBAR.!! Ada pengalaman teman saya melihat seseorang mengambil gambar ketika temannya sedang ujian, naas petugas polisi melihatnya. Dimintanya HP orang tersebut, kemudian dihapus gambar tadi. Tidak sampai disitu, temannya yang ujian tadi langsung di-GAGAL-kan. Dan tidak sampai disitu juga, untuk tes berikutnya (1 atau dua kali saya lupa) juga akan di-GAGAL-kan, bukan berarti otomatis gagal tersebut tidak harus datang, dia harus datang dan mengikuti proses tes juga.

Baca juga Peraturan Pemilik SIM A di Jepang dan Memperpanjang SIM di Jepang 更新運転免許証 .

Iklan

126 Comments Add yours

  1. Manshur Al hudlori berkata:

    mahal amat,,, mas
    berlakunya SIM di sana berapa tahun???

    Suka

  2. Harist berkata:

    Maaf pak, permisi..mau nanya nih, kalau hanya tinggal selama 6 bulan di Jepang, apakah boleh mengemudikan mobil dengan menggunakan SIM Internasional yang dikeluarkan POLRI ? atau harus tetap menggunakan SIM dari Jepang ? terima kasih 🙂

    Suka

  3. Zuhud Rozaki berkata:

    Mansur: 2 Tahun. Nanti perpanjang-pepanjang gitu. Belum pernah perpanjang, so belum bisa cerita terkait perpanjangan sim. Emang mahal, apalagi kalau tidak punya sim indonesia, harus ikut sekolah mobil yang biayanya selangit.
    Harist; Bisa, ada pengalaman teman malaysia yang mengemudikan mobilnya pake sim international. Tapi harap hati2, jangan sampai kecelakaan. Biaya kecelakaan disini sangat mahal. Makanya pengemudi disini harus punya asuransi kendaraan dan jiwa. Kalau pemegang Sim jepang bisa memiliki asuransi tsb, tapi untuk sim international tidak bisa punya asuransi. So hati2 saja kalau ingin berkendara.

    Suka

  4. Kalau boleh nambah dan koreksi mas Zaki: Waktu ujian tulis dari soal 10, katanya bisa dinyatakan lulus minimal betul 7.
    Biaya setelah dinyatakanan lulus bukannya 2050 yen + 1000 yen = 3050 yen (total 6100 yen).
    satu lagi, mbok gambare sim dirimu sendiri

    Suka

  5. Zuhud Rozaki berkata:

    Ok, sippp pak….

    Suka

  6. Prasetyo berkata:

    Ryuitsme@gmail.com
    Mas bro minta formatnya.
    Yg di maksud licence record itu yg spt apa mas?
    Sim A lama sy sdh mati apa msh bs di pakai buat cari sim di jp?
    Sim A sy yg baru blm ada 90hari tinggal di indonesia.
    Mohon sarannya. Terimakasih.

    Suka

  7. Zuhud Rozaki berkata:

    Ok mas, formatnya dah kukirim ke Ryuitsme@gmail.com
    silahkan dicek.

    Suka

  8. Dewi S. berkata:

    Terimakasih banyak mas, informasinya lengkap sampai ke masalah sandal.
    Numpang tanya, saat test drive apa peta tracknya boleh dibawa (ditaruh di dashboard) atau menunggu aba2 dari penguji? Saya jadi tegang karena kuping saya belum pede sama nihongo..
    Maaf mas kalau boleh saya minta tolong dikirim formatnya juga.
    Matur nuwun sanget.

    Suka

  9. Zuhud Rozaki berkata:

    mbak dewi: hehe, sama2 mbak… tracknya harus dihafal sendiri mbak. Kalau ndak hafal bilang ja ke instrukturnya kalau tidak hafal, biar diarahkan. Tapi lebih baik hafal mbak. ^_^

    Suka

  10. sultanambasador berkata:

    Terima kasih infonya mas, berguna banget,,,Q rencana mau bikin, di daeerah hamamatsu, tp ya,,,JAF nya adanya di shizuoka, mengenai menerjemahkan sim RI ke JAF bisa ya di kirim lwt post, kirain harus ke sana langsung.
    ohya Q minta format surat pengantar dari Polres nya mas.
    onegaishimasu.
    salam, imam

    Suka

  11. Zuhud Rozaki berkata:

    Sultan; Namanya cowok tapi kok nama di email cewek ya?? hehee. Udah kukirim boz. Kalo da apa2 silahkan ditanyakan. Kalo ke jaf bisa kesana langsung juga kok mas, tapi karena aku ndakmau repot, jadi kukirim lewat pos.

    Suka

  12. sultanambasador berkata:

    Zuhud; iya mas,,kawai ya..hehe

    Suka

  13. Higen_ berkata:

    Mas minta format sim yg sudah diperpanjang di indonesian.onegaishimasu,,higen_jp@yahoo.com

    Suka

  14. higen_jp@yahoo.com berkata:

    Mas minta format nya

    Suka

  15. Zuhud Rozaki berkata:

    Udah aku kirim mas. Silahkan dicek.

    Suka

  16. Hendri bagja berkata:

    bagja.bagja@yahoo.com
    Mas mnta formatnya

    Suka

  17. Mas Zuhud,

    Terima kasih atas infonya yang sangat bermanfaat ini. Saya juga ingin dapat sim Jepang. Kemarin saya sudah datang ke kantor pembuatan sim di Tokyo, ternyata saya diminta untuk menyerahkan surat pengantar dari Polres yang mengeluarkan sim saya (Saya dari Sragen mas, 30km dari kampus UNS). Mohon bantuannya untuk mengirimkan format surat pengantar tersebut ya mas ke alamat email saya:
    anom.sigit@gmail.com

    Terima kasih atas bantuannya. Balasan dari mas Zuhud saya nantikan.

    Anom
    -Cah Sragen-

    Suka

  18. untung maryono berkata:

    mas sim br buat diindonesia apa bisa dituker dijpg.dan saya minta contoh surat keterangan dr polres

    Suka

  19. untung maryono berkata:

    mas sim br buat diindonesia apa bisa dituker dijpg.dan saya minta contoh surat keterangan dr polres、ini mail saya nongkodoyong227@docomo.ne.jp

    Suka

  20. Zuhud Rozaki berkata:

    Sudah aku emailkan mas. Silahkan dicek.

    Suka

  21. untung maryono berkata:

    mas makasih balasan.tp saya mohon dikirimi contoh surat dari polres.soalnya saat saya mau prin.malah kehapus.onegasimasu

    Suka

  22. untung maryono berkata:

    tlg ya mas.kalau boleh saya minta no tlp yang bisa dihubunggi mas zuhud.maturnuwun

    Suka

  23. Zuhud Rozaki berkata:

    Kan bisa didownload lagi dari emailnya mas.

    Suka

  24. udin berkata:

    saya minta contoh surat keterangan dr polres、ini mail saya mas charlyudin@gmail.com

    Suka

  25. Zuhud Rozaki berkata:

    Sudah saya kirim. Semoga lancar.

    Suka

  26. Neni berkata:

    Terima kasih informasinya mas..saya juga berencana membuat sim jepang klo berkenan mohon dikirim contoh formatnya ke email saya ya mas akoe1982@yahoo.com Terima kasih sblmnya..

    Suka

  27. Hermina Setyawati berkata:

    Mas mohon bantuannya untuk dikirim format surat untuk ke Polres ke herminass1213@gmail.com Terima kasih banyak atas penjelasannya. Untung sempat baca bloq ini kalo tidak bisa kelabakan dong tanpa surat pengantar.

    Suka

  28. guslinawati berkata:

    mas saya minta contoh surat keterangan dari polres,
    mksh,ini email nya guslinawati@yahoo.com

    Suka

  29. guslinawati berkata:

    mas untuk tes tulis nya sulit tidak?
    masalahnya bahasa saya tidak lancar

    Suka

  30. Alwis Nazir berkata:

    Daripada capek2 ngirimin email ke tiap orang yang request, mending dibuatin aja linknya, jadi siapa yg butuh tinggal download sendiri

    Suka

  31. Zuhud Rozaki berkata:

    Biar bersilaturahmi ke saya pak. ^_^

    Suka

  32. Nana Mayangsari berkata:

    Mas, mohon dikirim formatnya untuk ke polres. Sim A saya yang baru belum ada 90 hari di Indonesia, yang lama ga punya kopinya. Terimakasih

    Suka

  33. Zuhud Rozaki berkata:

    Alamat emailny mana?

    Suka

  34. Nana Mayangsari berkata:

    Hehehe, kirain dengan isi untuk follow sudah bisa.
    naomi919@ymail.com
    Terima kasih banyak ya

    Suka

  35. aris berkata:

    kalo pake pengantar dari polres apa bisa, seharusnya dari korlantas mabes polri mas, khan untuk ke luar negeri…?????

    Suka

  36. Zuhud Rozaki berkata:

    Surat ini hanya sebagai syarat untuk mentranslate SIM kita ke bahasa Jepang (penerjeman sudah ditunjuk yaitu JAF). Tapi nanti ketika mendaftar terkadang ditanyakan juga, so sebaiknya dibawa saat mendaftar sebagai lampiran.

    Suka

  37. kartika berkata:

    citra_hsnmg@yahoo.com
    Mas, bisa minta format surat pengantarnya? terima kasih sebelumnya

    Suka

  38. andi berkata:

    mas mau nanya pembuatan simA di indonesia klu melalui jalur resmi sesuai aturan yg berlaku memrlukan berapa hari smpai selesai mas..?? mohon informasinya..

    Suka

  39. Zuhud Rozaki berkata:

    Yg susah tesnya, klo bs lulus tesnya y sehari bs jadi kyknya.

    Suka

  40. Ari berkata:

    Mas Zuhud, salam kenal dari Niigata, Saya kemaren sdh coba urus, tp ditolak karena tidak ada surat keterangan dari Indonesia. Boleh minta formatnya mas. Emailnya: antcody13@yahoo.co.jp.
    Trims 🙂

    Suka

  41. Hiyochi Prandana berkata:

    Mas minta formatnya . Terimakasih sebalumnya yochisad@rocketmail.com

    Suka

  42. Sarah berkata:

    Boleh minta format surat keterangan dari Polres?
    Makasih banyak sebelumnya..
    Ini email saya: veren888@yahoo.com

    Suka

  43. decky berkata:

    Terimakasih atas inpormasinya mas sangat bermanfaat salam kenal saya tingal di nara saya minta contoh surat keterangan dari polres ini mail saya deckyinchi888@gmail.com

    Suka

  44. Irwan berkata:

    Mas minta di kirim contoh formatnya, dan apa yg di maksud dengan driving license record ya?

    Suka

  45. Zuhud Rozaki berkata:

    iya, emailnya mn?

    Suka

  46. Irwan berkata:

    Irtasya@me.com ini mas email sy terimakasih sebelumnya

    Suka

  47. Zuhud Rozaki berkata:

    Sudah saya kirim, silahkan dicek.

    Suka

  48. Usup supriatna berkata:

    Pa tolong dikirim format Surat pengantar Sim nya.
    Terima kasih

    Suka

  49. Zuhud Rozaki berkata:

    Silahkan kirim emailnya.

    Suka

  50. Irwan berkata:

    Terimakasih tp kok blm masuk ya mas bro

    Suka

  51. Irwan berkata:

    Terimakasih sudah masuk mas

    Suka

  52. Fadhil berkata:

    Wah, artikelnya sangat bagus sekali Mas. Saya boleh minta format surat pengantar simnya ? Mohon dikirim ke mohammad.fadhillah@gmail.com. Terima kasih banyak sebelumnya.

    Suka

  53. Zuhud Rozaki berkata:

    Sudah saya kirim, silahkan dicek.

    Suka

  54. Usup supriatna berkata:

    Mas saya minta contoh surat keterangan dr polres、ini email saya u_supriatna@ymail.com
    Onegaisimasu
    Terima kasih

    Suka

  55. Zuhud Rozaki berkata:

    Sudah saya kirim.

    Suka

  56. Supri Amir berkata:

    Mas bisa minta contoh surat keterangan sim dr polres,
    email sy supriamir@ymail.com

    onegaishimasu

    Suka

  57. Zuhud Rozaki berkata:

    Sudah saya kirim.

    Suka

  58. Herman A berkata:

    Mas saya minta contoh surat keterangan dr polres、ini email saya hermanjp09@gmail.com

    Suka

  59. Zuhud Rozaki berkata:

    Sudah saya kirim.

    Suka

  60. Dipta berkata:

    Info nya bermanfaat sekali mas. Saya rencana mau buat sim di nagoya, boleh minta format surat pengantarnya kah, email saya dipta.rdt@gmail.com

    Suka

  61. Zuhud Rozaki berkata:

    sudah saya kirim, silahkan dicek.

    Suka

  62. Popi berkata:

    Greeting from Fukuoka !

    Infonya mantabs, Mas. Saya juga akan transfer sim A dalam waktu dekat. Mohon share template surat pengantar dari polres nya, Mas. Ini alamat email saya: popi178chan@yahoo.com

    Suka

  63. Popi berkata:

    Terima kasih sebelumnya , Mas.
    Popi

    Ps. Belum selesai ngetik udah kepencet tombol kirim :-B

    Suka

  64. Zuhud Rozaki berkata:

    Sudah saya kirim, silahkah dicek.

    Suka

  65. Becks berkata:

    Mas, saya juga minta format surat pengantarnya ya mas? Salam. Ini emailnya bkfalken7@gmail.com

    Suka

  66. Zuhud Rozaki berkata:

    Sudah saya kirim, silahkan dicek.

    Suka

  67. ihsan berkata:

    mas bisa minta contoh surat pengantar nya dr polres>> ke i_chan88@hotmail.com
    trims mas

    Suka

  68. Zuhud Rozaki berkata:

    Sudah saya kirim, silahkan dicek.

    Suka

  69. PrasetyoIrwan berkata:

    Mas itu nomer lisensi ada dua atas dan bawah, yg atas nomer lisensi sim baru dan yg bawah nomer lisensi sim lama ato baru? Bukannya bawah sm atas hrs sama ya?

    Sent from my iPhone

    >

    Suka

  70. Rahma berkata:

    Mohon info mas, apakah jika memiliki SIM internasional dari indonesia bisa mempermudah prosedur tes di sana? dan apakah untuk mengikuti seluruh tes yang disebutkan di atas harus bisa bahasa jepang yg mahir? atau boleh tidak mengajak translator? :p

    dan untuk apply SIM jepang harus berapa lama tinggal di jepang? *saya calon pemilik visa anggota keluarga btw.. Mohon maaf kalau ternyata pertanyaan saya sudah ada jawabannya di atas berarti saya kurang jeli bacanya hehe
    terima kasih

    Suka

  71. Rahma berkata:

    Mohon info mas, apakah jika memiliki SIM internasional dari indonesia bisa mempermudah prosedur tes di sana? dan apakah untuk mengikuti seluruh tes yang disebutkan di atas harus bisa bahasa jepang yg mahir? atau boleh tidak mengajak translator? :p

    dan untuk apply SIM jepang harus berapa lama tinggal di jepang? *saya calon pemilik visa anggota keluarga btw.. Mohon maaf kalau ternyata pertanyaan saya sudah ada jawabannya di atas berarti saya kurang jeli bacanya hehe
    terima kasih

    Suka

  72. Zuhud Rozaki berkata:

    Menurut info yang saya terima, sim international indonesia tdk bisa dipake. Karena saat ada konferensi sim international, delegasi indonesia tidak ada.
    Kalaupun bisa dipake, sim international hanya bisa dipake selama 1 tahun dihitung dari hari kedatangan. Lebih dari itu harus change ke sim jepang.
    Kalau saran saya lebih baik change dari awal.
    Untuk tes wawancara tidak ada, so jangan kawatir. Tapi interpreter tetep butuh untuk reservasi pemberkasan, ketika pemberkasan dan pas tes. Karena kalau tanpa penerjemah, pihak kepolisian akan tambah malas ngurusinnya. Dari awal sudah dianjurkan mengajak teman yang bisa bahasa jepang.
    Untuk tes tulis bisa memilih antara jepang, portugal, dan inggris.
    Seperti di tulisan saya, pengubah sim ke sim jepang harus sudah menggunakan simnya selema 3 bulan lebih di negaranya.
    Kalau penggunaan di jepang sendiri, selama bisa lulus mau digunakan sebentar juga ndak apa2. No problemo.
    Jika belum berangkat, lebih baik ngurus ke polres untuk surat rekomendasi dari polres dlm bahasa inggris. Contohnya bisa didownload diatas.

    Suka

  73. Rudi S berkata:

    Mas saya minta contoh surat keterangan dr polres、ini email saya
    rudis2801@gmail.com

    saya juga berencana ingin pindah ke sim jepang

    Suka

  74. Zuhud Rozaki berkata:

    Bisa didownload di akhir tulisan mas.

    Suka

  75. Irwan berkata:

    Mas ada contoh yg 10 soal unt testnya? Kira2 semacam ap saja yg di tanyakan? Terimakasih

    Suka

  76. Zuhud Rozaki berkata:

    Nanti soalnya disertai dengan gambar ilustrasi, so tidak sulit. Seperti kalau tabrakan harus gimana? lapor polisi atau damai di tempat. Dan pertanyaan lainnya.

    Suka

  77. Irwan berkata:

    Mas minta kontak number nya kalo boleh sy mau telp biar lebih jelas. Terimakasih

    Suka

  78. Irwan berkata:

    Itu tentang sim lama masa berlaku dari kapan smp kapan apakah perlu di cantumkan nomer sim lamanya? Krn sim lama sy udh buram ga kelihatan nomernya. Thx .

    Suka

  79. Zuhud Rozaki berkata:

    Lihat di form yang saya beri contoh mas.

    Suka

  80. Irwan berkata:

    Iya mas , tp di contohnya spt nya ga ad no sim yg lama ya? Di dalam kurung cuma dari kapan smp kapan gt aja ok? Thanks sebelumnya

    Suka

  81. Zuhud Rozaki berkata:

    Ndak perlu berarti mas, cukup ditulis sesuai yang di contoh saja sudah cukup.

    Suka

  82. Irwan berkata:

    Btw pihak kepolisian jp minta sim lama nya ga ya mas? Apa dng surat keterangan aja sudah cukup yg menyatakan sim lama berlaku dari kapan smp kapan. Thx ya.

    Suka

  83. Zuhud Rozaki berkata:

    Yups, ikuti saja seperti di surat tersebut.

    Suka

  84. Irwan berkata:

    Arigatou mas, berarti sim lama nya ga perlu di lampirkan gpp ya?

    Suka

  85. exobrigadier berkata:

    tulisan anda sangat membantu sekali. kalau bisa saya minta juga formatnya untuk keperluan mendatang.
    ini email saya : exobrigadier@gmail.com
    terima kasih banyak mas atas infonya.

    Suka

  86. wah maaf mas, ane malah jadi spam nih. soalnya ane masih pemula di wordpress. di hapus saja komentarnya mas.sekali lagi mohon maaf T_T

    Suka

  87. Zuhud Rozaki berkata:

    Formatnya bisa didownload di tulisan ini mas.

    Suka

  88. Zuhud Rozaki berkata:

    Iya, kalau di indonesia beda lama n barunya.

    Suka

  89. bagus sapto raharjo berkata:

    Selamat siang mas Zuhud.
    Terimakasih atas penjelasan mengenai sim kirikae di atas, sangat membantu bagi pemula seperti saya.
    Ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan,
    1. Apakah ketika ingin membuat surat pengantar dari polres yang berbahasa Inggris kita harus datang sendiri ke polres? karena saat ini posisi saya sudah di Jepang, dan dari perusahaan saya meminta saya untuk mengurus sim secepatnya. Apakah bisa diwakilkan oleh keluarga?
    2. Berapa biaya yang dikeluarkan untuk meminta surat keterangan tersebut?
    Saya kemarin sudah mendaftar untuk kirikae di Tokyo, dan memang diminta surat keterangan tersebut.

    Mohon maaf jika pertanyaan saya terlalu panjang, dan terimakasih atas bantuan mas Zuhud.

    Suka

  90. Zuhud Rozaki berkata:

    1. Bisa diuruskan orang lain mas, asal sim aslinya dibawa, or mungkin bisa fotocopy. Nanti bilang saja kalau mas sudah di jepang. Tapi bagusnya yang ngurus laki2, cz nanti mungkin ada polisi jutek yang ngomong macem2. Ex: kok ndak nyari sim international aja? Emang jepang tu kenapa, sok amat jepang itu? dll.
    2. Kalau di karanganyar, dekat solo. Mereka minta 50 rb. Kalau saya dengar teman dari padang, mereka antara 100-150 rb.
    Semoga lancar mas.

    Suka

  91. bagus sapto raharjo berkata:

    Terima kasih atas respon dan informasinya, mas.

    Suka

  92. Zuhud Rozaki berkata:

    Sama2 mas. Semoga lancar.

    Suka

  93. sayid berkata:

    mas zuhud yg baik hati, mau nanya apa itu yang dinamakan SIM internasional?, apakah SIM yang dikeluarkan polisi resort cirebon, polda jawa barat termasuk juga SIM internasional? bisa ga dipakai untuk mengemudi di JAPAN?

    Suka

  94. Zuhud Rozaki berkata:

    Yang saya dengar, SIM international indonesia tidak bisa dipakai di jepang. Jika ingin menyetir di jepang, lebih baik menukar sim indonesia ke sim jepang.

    Suka

  95. Nyoman Jayaprana berkata:

    Dear Mas Zuhud Rozaki,

    Saya rencana mau transfer dr SIM A indonesia ke SIM jepang.
    SIM A indonesia saya adalah hasil dari perpanjangan, dikeluarkan 6 januari 2016. Setelah saya baca dari web JAF, ada syarat saya harus tinggal di indonesia minimal 3 bulan terhitung sejak SIM itu diterbitkan. sedangkan saya 12 januari 2016 sudah di jepang. bagaimana solusinya mas? apa cukup dengan surat keterangan dri kepolisian kalau SIM saya adalah perpanjangan alias bukan SIM pertama kali??
    Mohon Bimbingannya..
    SALAM

    Sudi

    Suka

  96. Zuhud Rozaki berkata:

    Cukup surat keterangan dari kepolisian kalau itu merupakan sim perpanjang. Sebagai bukti, sim lama baiknya dibawa n ditunjukkan. Yang ditranslate ke jaf yang sim baru saja.
    Untuk format surat rekomendasi bisa didownload di akhir tulisan ini.
    kalau ada yang mau ditanyakan lagi jangan sungkan.

    Suka

  97. Hakim berkata:

    Mas kalau saat translate ke JAF tp tidak datang ke kantornya berati kan lewat pos Fc Sim kita dikirim ke JAF,nah itu biayanya transfer atau uangnya dikirim bersama dalam amplop pengiriman?

    Suka

  98. Zuhud Rozaki berkata:

    Iya mas, jangan lupa amplop n yang dah ditempel prangko balasannya dimasukkan juga. Karena itu isinya uang, nanti di kantor pos bilang kalau diisi uang sekian. Nanti pihak posnya tahu. Untuk jafnya dicari jaf di wilayahnya ya mas, bisa dilihat dilink yang saya sebutkan diatass.

    Suka

  99. benhard munthe berkata:

    mas saya boleh minta formatnya? terimakasih.
    bernard_bagoes@yahoo.com

    Suka

  100. Zuhud Rozaki berkata:

    Bisa didownload di tulisan diatas mas. Klik saja surat urusan sim dibagian note, nanti otomatis download.

    Suka

  101. laurens berkata:

    maaf mas klo mo liat contoh soal buat test tertulis nya bs liat di mana ya

    Suka

  102. Zuhud Rozaki berkata:

    Wah kalau itu ndak ada. Santai saja, cuma 10 soal kalau di gifu, kalau di tempat lain saya rasa ndak beda.

    Suka

  103. putu sri wijayanti berkata:

    mas,sy rencananya mau kirikae menkyou bulan ini.saya mau ikut latihan 3haridulu buat persiapan.o ya wilayah kagoshima tempat saya mas.saya mau ditemenin suami saya biar dia yg bantu menjelasin ke petugasnya.kalo gak lolos stlh 3 hr latihan ya ikut latihan lagi rencananya.kalo soal tulisnya sama dengan yg ada di internet ya mas,test 1,test 2 test 3.yang itu ya mas…makasi infonya.

    Suka

  104. Zuhud Rozaki berkata:

    Kalau di kagoshima harus lulus di latihan to mbak?
    Kalau di Gifu latihan itu hanya kebutuhan, kalau sudah ndak buth ya ndak latihan. Biasanya kalau yang disini tu latihan karena ingin menghafal track.nya.

    Suka

  105. desyins berkata:

    mas mau tanya itu surat pengantar dari polres indonesianya emang gapake ttd lagi ya? bisa minta dikirim formatnya ke desy228@yahoo.com mas? makasih ya

    Suka

  106. Zuhud Rozaki berkata:

    Pake mas, bisa didownload di bagian akhir tulisan mas.

    Suka

  107. Mas…boleh minta contoh surat pengantar dari Polres…refly.pangau@yahoo.com….terima kasih

    Suka

  108. mas….minta format dari Polres….terima kasih…

    Suka

  109. Zuhud Rozaki berkata:

    bisa didownload diatas mas. coba cari dibagian note.

    Suka

  110. Ryuichi berkata:

    Apakah teman2 ada yg sudah mencoba sim mobil kirikae di daerah kanagawa – futamatagawa mengkyou senta? Saya denger2 susah untuk test mobilnya banyak yg tidak lulus dan harus coba lbh dari 3x. Kalo ada teman2 yg sudah mencoba mohon tukar pengalaman di sini. Terimakasih.

    Suka

  111. fitha berkata:

    Maaf bisa minta format yg dari kepolisian
    Email ithafitha@gmail.com
    Terimakasih

    Suka

  112. itha berkata:

    Bisa minta format dr kepolisian

    Suka

  113. Zuhud Rozaki berkata:

    Bisa didownload di atas mbak.

    Suka

  114. Zuhud Rozaki berkata:

    Bisa didownload diatas

    Suka

  115. B3ckS berkata:

    Saya sudah pernah coba kirikae di Osaka, tapi gak lolos waktu di sesi awal pas tanya jawab. Jadi gak bisa ikutan tes tertulisnya deh. . .やれやれ。

    Suka

  116. Zuhud Rozaki berkata:

    Ceritanya gimana kok bisa ditolak? Wawancara maksudnya wawancara dokumen?

    Suka

  117. Irwan berkata:

    Mas minta no hp di jp ya , pengen ngobrol langsung lwt telp. Arigatou

    Suka

  118. Zuhud Rozaki berkata:

    Maaf mas, saya sudah di Indo.

    Suka

  119. Irwan berkata:

    Loh udh plg indo ga balik jp lg?

    Suka

  120. Zuhud Rozaki berkata:

    Irwan; Sudah mas bro. Sudah lulus, balik ndeso mbangun ndeso.

    Suka

  121. Irwan berkata:

    Omedetou…. sy mau bilang arigatou udh dpt sim jp, boleh minta tlp di indo?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s